Kamis, 17 November 2011

cara menghafal semaphore

Cara Cepat Belajar Semaphore


Apakah adik-adik/kakak-kakak bingung menguasai ketrampilan mengirim berita menggunakan Semaphore? Jangan sedih, Saya punya cara mudah untuk belajar secara cepat bagaimana menjadi trampil mengirim dan menerima berita dengan menggunakan semaphore.

Sekarang duduk dengan baik ya, bacalah petunjuk berikut..

  1. Jangan berlatih sendiri, ajaklah seorang teman untuk berlatih bersama denganmu. 
  2. Bila bendera semaphore yang ada cuma sepasang jangan risau, adik atau teman adik bisa menggunakan sepasang ranting atau bambu yang lurus sebagai ganti darurat tongkat semaphore.
  3. Peganglah tongkat semaphore sedemikian rupa sehingga lurus dengan lenganmu. Untuk menjaga kelurusan tongkat semaphore, genggamlah dengan posisi jari telunjuk membuka searah tongkat.
  4. Posisi kaki berdiri sejajar dengan posisi sedikit membuka. Badan tegap, pandangan lurus kedepan
  5. Hapalkan gerakan semaphore di bawah ini secara berurutan mulai dari A sampai Z termasuk tanda-tanda angka, salah dan selesai.
  6. Lakukan latihan menghafal ini dengan posisi berhadap-hadapan dengan teman adik tadi, sehingga selain adik tahu bagaimana mengirim huruf tersebut, juga adik akan melihat bagaimana posisi rekan lain ketika mengirim huruf tadi. Dimana posisi tangan kanan dan kiri berbeda dengan posisi adik. 
  7. Kalau sudah hafal cobalah kirim huruf A sampai Z tadi dalam satu kalimat... Ha? Memang bisa membuat kalimat dari huruf A sampai Z? Bisa... ini kalimatnya : "The quick brown fox jumps over the lazy dog" mudah kan. Lihat dalam satu kalimat itu ada huruf A - Z nya kan
  8. Kalau masing-masing sudah bisa mengirim dan membaca kalimat tadi, selamat adik-adik telah sukses belajar semaphore. SELAMAT BERLATIH!

0 komentar:

Posting Komentar